Sabtu, 05 November 2011

Algoritma dan Pemrograman

ALGORITMA DAN PEMROGRAMAN


Dasar Teori :
§         Memahami permasalahan dan tujuan sebuah program dibuat. Pada tahap ini kita harus mampu mengidentifikasi jenis, bentuk dan karakteristik input serta output yang diharapkan. Tetapi untuk skala permasalahan yang besar, selain jenis, bentuk dan karakteristik, kita juga perlu mengetahui dengan pasti asal, frekuensi dan volume data input serta tujuan, frekuensi dan volume data output yang diharapkan;
§    Mampu menyusun konsep/rancangan/desain penyelesain dari masalah yang akan kita selesaikan. Dari hasil pemahaman kita terhadap permasalahan di atas, kita harus mampu merancang sebuah alur proses untuk mengolah data input dan menghasilkan data output dengan jenis, bentuk dan karakteristik seperti yang diharapkan;
§           Mampu mengimplementasikan hasil rancangan kita dalam bentuk program yang terstruktur. Program tersebut dapat kita buat dengan menggunakan sebarang bahasa pemrograman. Untuk itulah kita diharuskan memahami dan menguasai komponen bahasa pemrograman dan teknik pemrograman dengan baik.

Untuk tahap pertama, kiranya hanya dengan sering berlatih dalam mengamati dan memahami suatu permasalahan akan semakin terasah.

Pada tahap kedua hasil pengamatan dan pemahaman terhadap permasalahan riil harus dituangkan ke dalam sebuah bentuk alur penyelesaian masalah. Ini yang seringkali disebut sebagai algoritma.
Selanjutnya pada tahap ketiga, hasil penyusunan alur penyelesaian masalah (yang sudah terbentuk dalam format algoritma) diaplikasikan ke dalam komputer melalui penulisan sebuah program dengan menggunakan bahasa pemrograman. Proses ini lazim disebut sebagai coding.

SOAL / TUGAS INDIVIDU :
1.      Mencari definisi algoritma dan pemrograman dari berbagai referensi
2.      Buatlah algoritma untuk menghitung perkalian, pembagfian, dan pengurangan dari 2 bilangan positif

Definisi Algoritma :
-  Algoritma adalah urutan langkah logis tertentu untuk memecahkan suatu masalah.
Yang ditekankan adalah urutan langkah logis, yang berarti algoritma harus mengikuti
suatu urutan tertentu, tidak boleh melompat-lompat. (Dari Microsoft Press Computer
and Internet Dictionaary 1997, 1998)
-   Alur pemikiran dalam menyelesaikan suatu pekerjaan yang dituangkan secara tertulis.Yang ditekankan pertama adalah alur pikiran, sehingga algoritma seseorang dapat juga berbeda dari algoritma orang lain. Sedangkan penekanan kedua adalah tertulis, yang artinya dapat berupa kalimat, gambar, atau tabel tertentu. (Dari Algoritma dan Struktur Data dengan C, C++, dan Java oleh Moh Sjukani hal 1)

Definisi Pemrograman :
- Adalah kumpulan instruksi-instruksi tersendiri yang biasanya disebut source code    yang dibuat oleh programmer (pembuat program)
- Kumplan intruksi (statement) yang disusun secara logis untuk memecahkan suatu masalah.
Intruksi-intruksi yang digunakan disesuaikan dengan jenis bahasa pemrograman yang digunakan.
kan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar