Selasa, 01 November 2011

Media Komunikasi lewat Internet


BAB I
PENDAHULUAN

A. latar belakang
perkembangan teknologi komunikasi saat ini sudah sangat mencengangkan, yaitu melalui dunia internet. Betapa tidak, berbagai macam kecanggihan media yang disedia oleh internet sekarang ini telah memberikan kemudahan oleh para pengunanya. Yaitu dengan adanya Blog Facebook serta E-mail. Contoh saja melalui website Bolg terebut mengenalkan produk yang sama sekali masih asing atau bahkan baru, atau penjualan barang yang sangat sulit terjual dengan bisnis offline. pemilik produk punya peluang melebarkan sistem marketing yang selama ini dkerjakan.
Dunia internet berkambang sangat cepat, begitu juga adanya sebuah layanan pengiriman surat melalui media elektronik, yaitu melalui E-mail. Tanpa menunggu waktu yang lama dan dengan segala kemudahannya. Email sangat berperan penting dalam media internet. Dengan mengetahui segala macam seluk beluk isi dari email, kita bisa lebih memahaminya.
Terpisahkan oleh jarak atau tempat pada jaman sekarang sudah tidak adalagi, karena kita bisa dengan mudah memanfaatkan fasilitas Facebook, yaitu sebuah website yang berdasarkan pada pengenalan antar pribadi. Istilah relation difacebook tempat berkanalan serta banyak aktifitas untuk menambah teman.

B. Rumusan masalah
Telah kami tuliskan dimakalah ini berbagai macam yang berkaitan dengan blog facebook serta e-mail, diantaranya yaitu:
1. sejarah tentang facebook blog dan e-mail
2. hubungannya dengan kegiatan berkomunikasi
3. serta perkembangannya.


BAB II
PEMBAHASAN

A. Sejarah singkat blog
Sebelum kita memulai membuat sebuah blog, ada baiknya kita mengetahui bagaimana sejarah blog itu sendiri. Blog merupakan singkatan dari “web log” adalah bentuk aplikasi web yang menyerupai tulisan-tulisan (yang dimuat sebagai posting) pada sebuah halaman web umum. Tulisan-tulisan ini seringkali dimuat dalam urut terbalik (isi terbaru dahulu baru kemudian diikuti isi yang lebih lama), meskipun tidak selamanya demikian. Situs web seperti ini biasanya dapat diakses oleh semua pengguna internet sesuai dengan topik dan tujuan dari si pengguna blog tersebut.
Media blog pertama kali dipopulerkan oleh Blogger.com, yang dimiliki oleh PyraLab sebelum akhirnya PyraLab diakuisi oleh Google.Com pada akhir tahun 2002 yang lalu. Semenjak itu, banyak terdapat aplikasi-aplikasi yang bersifat sumber terbuka yang diperuntukkan kepada perkembangan para penulis blog tersebut.
Blog mempunyai fungsi yang sangat beragam, dari sebuah catatan harian, media publikasi dalam sebuah kampanye politik, sampai dengan program-program media dan perusahaan-perusahaan. Sebagian blog dipelihara oleh seorang penulis tunggal, sementara sebagian lainnya oleh beberapa penulis. Banyak juga weblog yang memiliki fasilitas interaksi dengan para pengunjungnya, seperti menggunakan buku tamu dan kolom komentar yang dapat memperkenankan para pengunjungnya untuk meninggalkan komentar atas isi dari tulisan yang dipublikasikan, namun demikian ada juga yang yang sebaliknya atau yang bersifat non-interaktif.
Situs-situs web yang saling berkaitan berkat weblog, atau secara total merupakan kumpulan weblog sering disebut sebagai Blogosphere. Bilamana sebuah kumpulan gelombang aktivitas, informasi dan opini yang sangat besar berulang kali muncul untuk beberapa subyek atau sangat kontroversial terjadi dalam blogosphere, maka hal itu sering disebut sebagai Blogstorm atau Badai Blog.
Ngeblog (istilah bahasa Indonesia untuk blogging) harus dilakukan hampir setiap waktu untuk mengetahui eksistensi dari pemilik blog. Juga untuk mengetahui sejauh mana blog dirawat (mengganti template) atau menambah artikel. Sekarang ada lebih 10 juta blog yang bisa ditemukan di Internet.[rujukan?] Dan masih bisa berkembang lagi, karena saat ini ada banyak sekali software, tool, dan aplikasi Internet lain yang mempermudah para blogger (sebutan pemilik blog) untuk merawat blognya. Selain merawat dan terus melakukan pembaharuan di blognya, para blogger yang tergolong baru pun masih sering melakukan blogwalking, yaitu aktifitas dimana para blogger meninggalkan link di blog atau situs orang lain seraya memberikan komentar. Beberapa blogger kini bahkan telah menjadikan blognya sebagai sumber pemasukan utama. Sehingga kemudian muncullah istilah profesional blogger, atau problogger, orang yang menggantungkan hidupnya hanya dari aktivitas ngeblog.
1 Blog Sebagai Sarana Komunikasi
Membuat Blog di jaman seperti sekarang itu sangat mudah dan banyak sekali cara- cara bikin blog yang tersebar di mesin pencari “Mbah Google”. Blog bisa dibikin dengan cara berbayar maupun gratis, bagi yang ingin mencoba membuat blog bisa membuat melalui “Wordpress / Blogger”.
Blog di bikin dengan berbagai alasan, misalnya ingin mengenalkan produk yang sama sekali masih asing atau bahkan baru, atau penjualan barang yang sangat sulit terjual dengan bisnis offline. Dengan membuat blog, pemilik produk punya peluang melebarkan sistem marketing yang selama ini dkerjakan.
Blog ini adalah dari sekian juta blog yang telah dulu lahir, baik itu blog yang aktif maupun yang pasif. Blog menurut saya adalah blog sebagai sarana komunikasi yang bisa menembus batas, yang tak kenal waktu maupun usia, karena blog bisa dibaca oleh semua orang, dan apa yang telah kita tulis di blog mungkin akan sangat berguna bagi pembaca di masa mendatang. Dengan blog pula kita bisa berinteraksi dengan berbagai kalangan. contohnya bila anda mempunyai produk yang biasa di beli oleh lingkungan sekitar, sangat mungkin produk kita di beli oleh orang nun jauh disana yang kebetulan atau bahkan produk anda di gemari, semakin jelas bahwa BLOG adalah sarana komonikasi kita dan merupakan marketing kita yang tanpa batas.

2. Blog sebagai sarana komunikasi antar komunitas
Saat ini, blog sudah menjadi kebutuhan bagi sebagian kalangan, misalnya kalangan pelajar, klub-klub, perkumpulan dan organisasi lain.
Fungsi blog saat ini sudah tidak seperti dulu lagi ketika blog dipandang hanya sebagai tulisan pribadi yang diperuntukkan kalangan terbatas saja. Seiring perkembangan teknologi dan kebutuhan akan informasi yang cepat, maka blog menjadi suatu kebutuhan untuk suatu komunitas supaya dapat tetap berhubungan dan berbagi informasi baik untuk kalangan komunitas itu sendiri atau pengguna internet pada umumnya.
Blog saat ini banyak dimanfaatkan untuk berbagi informasi tentang kegiatan suatu komunitas, sarana periklanan, bahkan banyak diantaranya digunakan untuk bekerja dan berorientasi bisnis.

B. Pengertian E- Mail

Email atau e-mail adalah singkatan untuk Electronic Mail, atau dalam bahasa Indonesia berarti surat elektronik. Halaman kamus di Wikipedia Indonesia memberikan sebuah kosa kata baru sebagai singkatan dalam bahasa Indonesia, yaitu surel. Namun dalam tulisan ini saya akan tetap menggunakan kata email karena kita memang familiar dengan kata “email”

1. Sejarah Singkat mengenai email

Surat elektronik sudah mulai dipakai di tahun 1960-an. Pada saat itu Internet belum terbentuk, yang ada hanyalah kumpulan ‘mainframe’ yang terbentuk sebagai jaringan. Mulai tahun 1980-an, surat elektronik sudah bisa dinikmati oleh khalayak umum. Sekarang ini banyak perusahaan pos di berbagai negara menurun penghasilannya disebabkan masyarakat sudah tidak memakai jasa pos lagi.
Anatomi Ratel, sebagai contoh:
emailsaya@surabaya.vibriel.net.id
Keterangan:
Emailsaya: nama kotak surat (mailbox) atau nama pengguna (username) yang ingin dituju dalam mailserver surabaya.vibriel.net.id: nama mailserver tempat pengguna yang dituju, rinciannya: surabaya: subdomain (milik pemegang nama domain), biasanya merujuk ke suatu komputer dalam lingkungan pemilik domain vibriel: nama domain, biasanya menunjukkan nama perusahaan/organisasi/perorangan (Vibriel) net: second level domain, menunjukkan bahwa domain ini termasuk kategori networking (net).
iid: top level domain, menunjukkan bahwa domain ini terdaftar di otoritas domain Indonesia (id).
source : wikipedia
untuk saat ini biasanya sudah tidak menggunakan terlalu panjang contoh:
username@yahoo.com , username@gmail.com , username@cbn.net.id

2. Kelebihan dan kekurangan email

Kelebihan menggunakan email :
- Cepat [ sangat cepat ] karena hanya perlu beberapa menit [ ketik dan send ]
- mudah [ karena kita cukup mengetik di komputer ]
- multiple send [ dapat mengirim ke beberapa orang sekaligus ]
- dapat mengirim file [ attactment seperti file doc, excel, mp3, gambar, video dan lain-lain]
- kapan saja dan dimana saja [ tidak ada perbedaan lokasi dan waktu ]
- biaya lebih murah karena internet sekarang sudah mulai agak murah di Indonesia
Kekurangan menggunakan email :
- harus online [ connect ke internet ]
- text dan gambar only yang dapat dikirim [tidak bisa kirim paket / barang]
- tidak connect internet dan check maka kita tidak akan tahu yang kita kirim sudah dibalas atau belum
- harus ingat username dan password
- ladang virus juga bagi yang tidak mengerti.

3. Siapa penyedia Email

  • ISP setiap kita daftar account untuk berlangganan internet dipastikan kita diberikan minimal satu account email dengan akhiran nama isp tersebut. Misalnya CBN maka namaAnda@cbn.net.id.
  • WEB MAIL. Website yang menyediakan fasilitas email, contoh contoh penyedia email terbesar adalah Yahoo mail, Google mail, MSN Mail [ hotmail ] dan masih banyak lainnya dan itu disediakan GRATIS.
C. Sejarah Facebook
·         Facebook kini lagi booming!! Bukan hanya di kalangan masyarakat umum, namun juga di kalangan blogger. Facebook ternyata diluncurkan pertama kali pada tanggal 4 Februari 2004 oleh Mark Zuckerberg sebagai media untuk saling mengenal bagi para mahasiswa Harvard.
·         Hebohnya, dalam waktu dua minggu setelah diluncurkan, separuh dari semua mahasiswa Harvard telah mendaftar dan memiliki account di Facebook. Tak hanya itu, beberapa kampus lain di sekitar Harvard pun meminta untuk dimasukkan dalam jaringan Facebook. Zuckerberg pun akhirnya meminta bantuan dua temannya untuk membantu mengembangkan Facebook dan memenuhi permintaan kampus-kampus lain untuk bergabung dalam jaringannya. Dalam waktu 4 bulan semenjak diluncurkan, Facebook telah memiliki 30 kampus dalam jaringannya.
·         Dengan kesuksesannya tersebut, Zuckerberg beserta dua orang temannya memutuskan untuk pindah ke Palo Alto dan menyewa apartemen di sana. Setelah beberapa minggu di Palo Alto. Zuckerberg berhasil bertemu dengan Sean Parker (cofounder Napster), dan dari hasil pertemuan tersebut Parker pun setuju pindah ke apartemen Facebook untuk bekerja sama mengembangkan Facebook. Tidak lama setelah itu, Parker berhasil mendapatkan Peter Thiel (cofounder Paypal) sebagai investor pertamanya. Thiel menginvestasikan 500 ribu US Dollar untuk pengembangan Facebook.
·         Jumlah account di Facebook terus melonjak, sehingga pada pertengahan 2004 Friendster mengajukan tawaran kepada Zuckerberg untuk membeli Facebook seharga 10 juta US Dollar, dan Zuckerberg pun menolaknya. Zuckerberg sama sekali tidak menyesal menolak tawaran tersebut sebab tak lama setelah itu Facebook menerima sokongan dana lagi sebesar 12.7 juta US Dollar dari Accel Partners. Dan semenjak itu sokongan dana dari berbagai investor terus mengalir untuk pengembangan Facebook.
·         Pada September 2005 Facebook tidak lagi membatasi jaringannya hanya untuk mahasiswa., Facebook pun membuka jaringannya untuk para siswa SMU. Beberapa waktu kemudian Facebook juga membuka jaringannya untuk para pekerja kantoran. Dan akhirnya pada September 2006 Facebook membuka pendaftaran untuk siapa saja yang memiliki alamat e-mail. Selain menolak tawaran dari Friendster seharga 10 juta US Dollar, Zuckerberg juga pernah menolak tawaran dari Viacom yang ingin membeli Facebook seharga 750 juta US Dollar, dan tawaran dari Yahoo yang ingin membeli Facebook seharga 1 milyar US Dollar.
·         Tidak ada situs jejaring sosial lain yang mampu menandingi daya tarik Facebook terhadap user. Pada tahun 2007, terdapat penambahan 200 ribu account baru perharinya Lebih dari 25 juta user aktif menggunakan Facebook setiap harinya. Rata-rata user menghabiskan waktu sekitar 19 menit perhari untuk melakukan berbagai aktifitas di Facebook.
a.    Poin – poin kelebihan facebook :
1. Tampilan profile yang uncustomizeable. dua mata pisau memang. di satu sisi, menguntungkan, karena membuat tampilan menjadi clean.Untuk beberapa orang yang menyukai engekspresian diri via tampilan, hal ini sangat menyebalkan.
2. Facebook aplication yang sangat banyak. Saking banyaknya, jadi kurang berminat meluangkan waktu untuk mempelajari kegunaan aplikasinya satu persatu.
3. Tampilan situs yang berat, karena banyaknya aplikasi. bagi user facebook aktif yang doyan menambah aplikasinya, tampilan profilenya pasti akan menjadi berat dan sangat meriah. pabalatak lah. kasian para fakir benwit. hehehe. Apalagi tampilan slim facebook yang disesuaikan untuk resolusi 800px. halaman profile jadi panjang ke bawah.

D.  Situs Web Jejaring Sosial
Cara berkomunikasi yang satu ini sedang ngetrend saat ini karena kita bisa terhubung langsung dengan teman-teman kita yang sudah terdaftar sehingga kita bisa mengetahui apa yang teman kita pesankan secara luas serta mengomentarinya. Kita pun juga bisa membuat pesan pribadi dengan pengguna lain dan melakukan chatting dengan pengguna lain. Namun semua itu tergantung fitur penyedianya karena tidak semuanya memerikan layanan yang sama lengkap.
Contoh penyedia layanan situs jejaring sosial : salingsapa, friendster, facebook, twitter, dan lain-lain.

E. Forum Internet
Dengan forum kita bisa membuat suatu topik bahasan pada kategori yang sesuai dan kemudian anggota yang lain bisa memberikan komentar secara langsung dengan membuat kutipan dari obrolan yang sudah ada. Sebenarnya lebih mirip dengan chatting namun berbasis web, bisa menampilkan file lampiran gambar dan video secara langsung, bisa membuat kutipan, bisa berkomunikasi dengan pesan pribadi antar dua pengguna, dan lain-lain.
Contoh penyedia layanan forum : kaskus, detik forum, dan masih banyak lagi yang lainnya.


BAB III
PENUTUP

A. Kesimpulan
Internet sudah mengalami perkembangan sangat pesat, yaitu dengan muncul beberapa penyedia layanan e-mail blog serta facebook. Perkembangan tersebut tak lepad dari usaha para pakar Inforamation Technologi yang terus berlomba untuk menemukan suatu program baru. Seperti kalanya facebook, layanan tersebut baru muncul beberapa tahun terakhir.
Banyak sekali orang memanfaatkan layanan tersebut untuk berkomunikasi. Jaman sudah canggih, kita tak perlu langsung face to face untuk menjalankan aktifitas berkomunikasi dengan yang lain. Seperti halnya kirim-mengirim surat, elektronic mail mempunyai sistem yang sangat canggih, bahkan melampaui surat pos. Hal tersebut hanya semata untuk berkomunikasi atau saling berinteraksi satu sama lain.
Adanya timbal balik atau fadeback dalamberkounikasi merupakan salah satu indikator bahwa aktifitas tersebut berhasil, sehingganya timbullah hal yan diinginkan. Semakin berkembang dunia ini maka berkembang pula gaya manusia berkounikasi. Kalau sekarang ita bisa berchatting (liat gambar langsung dan becakap-cakap), mungkin kedepannya nanti kita bisa mencium bau atau merasakan perasaan hati.

B. Kritik dan saran
Kritik dan saran yang bersifat membangun selalu kami harapkan demi perbaikan dan kesempurnaan rangkuman kami. Bagi para pembaca dan rekan-rekan yang lainnya, jika ingin menambah wawasan dan ingin mengetahui lebih jauh, maka penulis mengharapkan dengan rendah hati agar lebih membaca buku


DAFTAR PUSTAKA

-          http://blogtekno.tkjstembayo.info/?p=5 Blog Sebagai Sarana Komunikasi Antar Komunitas
-          http://fikrirasyid.com/beberapa-hal-mengenai-facebook/ 04 Jul 2008
-          http://www.surya.co.id/2009/06/07/menangkal-phising-di-facebook.html


SOAL    :

Pertanyaan
1.      sebutkan contoh bisnis online, apa kelebihan dan kekurangannya ?
2.      Apakah itu blog aktif dan blog pasif ?
3.      Apa sisi positif dan negative dari suatu forum ?
4.      Apa perbedaan brosur dan internet ?

Jawab
1.     Contoh bisnis online : jual beli mobil bekas
Kelebihan : 
-          bisnis lebih cepat tersebar ke seluruh masyarakat yang sering menggunakan komputer.
-          lebih cepat mengorder barang tersebut.
Kekurangan :
-          Dalam pengiriman barang mungkin membutuhkan waktu.
-          Konsumen tidak dapat melihat secara langsung barang tersebut karena hanya berupa foto-foto.
2.     Blog aktif adalah blog yang menulis sendiri konten yang ada di blog nya
Contoh : madesuonkamenrider.wordpress.com
Blog pasif adalah blog yang hanya copy paste dari sumber lain
Contoh : http : //fuckyeahmahasiswa.tumblr.com/
3.     Sisi Positif :  kita langsung bisa berkomunikasi dengan orang tersebut.
Sisi Negatif :  apabila salah satu offline kita tidak bisa berkomunikasi lagi karena secara otomatis terhenti atau terputus.
4.     Brosur  :  hanya berupa kertas
Internet :  media lewat komputer dan terkoneksi dengan sebuah jaringan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar